Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Kartu Paragraf di Kelas IV SD Negeri 34 VII Koto Sungai Sarik

Ariska, Dhora (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Kartu Paragraf di Kelas IV SD Negeri 34 VII Koto Sungai Sarik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DHORA_ERISKA_52482_4514_2012.pdf] Text
final_B1_6_DHORA_ERISKA_52482_4514_2012.pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran menulis karangan narasi di kelas IV SD Negeri 34 VII Koto Sungai Sarik masih menggunakan pendekatan konvensional yaitu dengan metode ceramah. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa pada pembelajaran menulis karangan narasi. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi di kelas IV SD Negeri 34 VII Koto Sungai Sarik dengan menggunakan media kartu paragraf.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitian ini yaitu PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 34 VII Koto Sungai Sarik dengan jumlah siswa 20 orang , yang terdiri 11 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dalam menulis karangan narasi pada akhir setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil berupa nilai yang didapat siswa, yaitu nilai pada siklus I pada tahap prapenulisan siswa memperoleh rata-rata 69,9 mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh rata-rata 91,7 tahap penulisan siklus I siswa memperoleh rata-rata 66,2 mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh rata-rata 94,0, tahap pascapenulisan siklus I siswa memperoleh rata-rata 66,2 mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh rata-rata 94,0. Dengan demikian, dapat disimpulkan dengan menggunakan media kartu paragraf dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi di SD 34 VII Koto Sungai Sarik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: meningkatkan kemampuan menulis narasi, penggunaan media kartu paragraf, pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 14 Aug 2025 08:39
Last Modified: 14 Aug 2025 08:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21646

Actions (login required)

View Item
View Item