Perbandingan Strategi Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) disertai TTS dan Tanpa TTS Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon

Ikhsani, Lisa Aulia (2012) Perbandingan Strategi Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) disertai TTS dan Tanpa TTS Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_Lisa Aulia Ikhsani_(05108).pdf] Text
final_B1_8_Lisa Aulia Ikhsani_(05108).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan kenyataan bahwa siswa kurang mampu menganalisis dan mengaitkan konsep-konsep yang telah diterima selama proses pembelajaran. Jika diamati dalam proses pembelajaran guru telah menggunakan berbagai strategi, metode dan media penunjang belajar tetapi hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu alternatif lain adalah mengkolaborasikan strategi kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang mengutamakan pembelajaran kelompok dimana siswa saling menolong untuk mencapai tujuan bersama dengan dengan permainan teka teki silang (TTS). Diharapkan pembelajaran dapat melekat di dalam pikiran siswa dengan menggunakan permainan yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbandingan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa melalui strategi kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) disertai TTS dan tanpa TTS pada materi hidrokarbon Kelas X SMA N 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester genap tahun 2011/2012 di SMAN 1 Batang Anai. Pengambilan sampel diambil dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling, sehingga kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X7 sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian nilai rata-rata kelas eksperimen 71,33 sedangkan kelas kontrol 66,33. Berdasarkan uji statistik, uji-t pada tes akhir menghasilkan thitung = 2,41 sedangkan ttabel = 2,00. Ini berarti harga thitung > ttabel, sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Aktivitas belajar pada kelas eksperimen banyak sekali dengan persentase 77,56% dan pada kelas kontrol banyak dengan persentase 76%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia dan aktivitas belajar siswa dengan strategi kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) disertai TTS lebih tinggi daripada tanpa TTS pada materi hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi kooperatif, STAD, TTS, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 14 Aug 2025 08:33
Last Modified: 14 Aug 2025 08:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21639

Actions (login required)

View Item
View Item