Martati, Dhani (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Lubuk Gambir Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DHANI_MARTATI_9362_826_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_DHANI_MARTATI_9362_826_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DHANI_MARTATI_9362_826_2012.pdf
Download (359kB)
Abstract
Dhani Martati, 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Lubuk Gambir Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi, Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti di kelas IV SD Negeri 37 Lubuk Gambir, guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan guru lebih dominan sementara siswa lebih banyak diam serta penilaian pembelajaran hanya pada ranah kognitif. Siswa belum dilatih untuk menemukan dan mengemukakan pendapatnya sendiri. Sehingga hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih dibawah angka ketuntasan minimal yang ditetapkan disekolah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair share.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2011/2012. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Siklus I dilaksanakan Dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan hasil tes. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 37 Lubuk Gambir.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD. Hal ini terlihat dari (1) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 66,6 pada siklus I meningkat menjadi 78,8 pada siklus II, (2) pada ranah afektif meningkat dari nilai rata-rata 71,2 pada siklus I menjadi 80,6 pada siklus II dan (3) pada ranah psikomotor meningkat dari nilai rata-rata 74,3 pada siklus I menjadi 86,83 pada siklus II. Dengan demikian terbukti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikelas IV SD Negeri 37 Lubuk Gambir Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar siswa, model kooperatif tipe Think Pair Share, pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 08:28 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 08:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21629 |