Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Global pada Siswa Kelas I SDN 01 Situjuah Ladang Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota

Dewita, Dewita (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Global pada Siswa Kelas I SDN 01 Situjuah Ladang Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DEWITA_50532_570_2012.pdf] Text
final_B1_6_DEWITA_50532_570_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah yang ditemui pada pembelajaran membaca permulaan, nilai siswa masih rendah. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran membaca permulaan dengan melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan metode global. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk peningkatan keterampilan membaca permulaan pada tahap pra baca, saat baca dan pasca baca dengan metode global.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan pada semester II tahun ajaran 2010/2011, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN 01 Situjuah Ladang Laweh yang berjumlah 27 orang dengan rincian 11 laki-laki dan 16 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data ini berupa informasi yang dihasilkan dari hasil tindakan yang dideskripsikan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, dan lembar penilaian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterampilan membaca permulaan siklus I, tahap pra bacaan nilai rata-rata siswa 60,4, dengan kualifikasi cukup, tahap saat bacaan nilai rata-rata siswa 59,5 dengan kualifikasi cukup, dan tahap pasca bacaan nilai rata-rata siswa 59,5 dengan kualifikasi cukup. Untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa, dilakukan tindakan siklus II. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa 76,2 dengan kualifikasi baik, tahap saat bacaan nilai rata-rata 79,6 dengan kualifikasi baik, dan tahap pasca bacaan nilai rata-rata 79,6 dengan kualifikasi baik.
Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan metode global dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa pada tahap pra baca, saat baca dan pasca baca.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar siswa, keterampilan membaca permulaan, metode global
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 14 Aug 2025 08:28
Last Modified: 14 Aug 2025 08:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21625

Actions (login required)

View Item
View Item