Pespera, Rida (2012) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization pada Materi Asam Basa di SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_RIDA PESRERA_05126.pdf [thumbnail of final_B1_8_RIDA PESRERA_05126.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_RIDA PESRERA_05126.pdf
Download (456kB)
Abstract
Hasil belajar kimia siswa yang masih rendah disebabkan oleh banyak
faktor, salah satunya aktifitas belajar siswa yang masih rendah. Pemberian
pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) diharapkan dapat
meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran kimia yang nantinya akan
meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan
apakah penerapan pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada materi Asam basa di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen dengan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design.
Dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Pariaman
yang terdiri dari 3 kelas. Berdasarkan beberapa pertimbangan didapatkan 2 kelas
sampel yaitu kelas XIA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XIA1 sebagai kelas
kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer berupa tes
akhir dari kelas sampel yang terpilih. Dari hasil perhitungan uji t diperoleh thitung
yaitu 7,55 dan ttabel yaitu 2,00 maka thitung > ttabel. Dengan demikian, hipotesis yang
dikemukakan dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif TAI lebih
tinggi secara signifikan daripada hasil belajar siswa tanpa metode pembelajaran
kooperatif tanpa TAI pada materi Asam basa di SMA Negeri 3 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 08:27 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 08:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21619 |