Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Kata Lembaga bagi Siswa Kelas I SD Negeri 01 Sungai Geringging Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman

Syofriati, Dewi (2013) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Kata Lembaga bagi Siswa Kelas I SD Negeri 01 Sungai Geringging Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DEWI_SYOFRIANTI_95346_61_2014.pdf] Text
final_B1_6_DEWI_SYOFRIANTI_95346_61_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Membaca merupakan kunci dalam mencari ilmu pengetahuan, namun hasil refleksi awal penulis mengajar di kelas I SDN 01 Sungai Geringging kemampuan membaca siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena kurang bervariasinya penggunaan metode dalam pembelajaran dan siswa kurang termotivasi untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kemampuan membaca permulaan dengan metode kata lembaga bagi siswa kelas I SD Negeri 01 Sungai Geringging.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa dengan jumlah siswa 15 orang dan guru sebagai praktisi serta observer. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur penelitian terdiri dari studi pendahuluan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Data diperoleh melalui observasi, sedangkan sumber data berupa hasil observasi dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat peningkatan hasil belajar siswa dari tindakan siklus I ke siklus II yaitu pada penilaian proses (kemampuan membaca) dari rata-rata 64 menjadi 78. Sedangkan pada hasil evaluasi (melengkapi huruf) dari rata-rata 68,3 menjadi 74. Penilaian RPP pada siklus I 79.5% meningkat pada siklus II menjadi 96.8%. Penilaian pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru juga meningkat dari 78.% menjadi 96.%, sedangkan dari aspek siswa pada siklus I 70.5% meningkat pada siklus II menjadi 94%. Maka dapat disimpulkan bahwa mengggunakan metode kata lembaga dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SD. Oleh sebab itu, disarankan agar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran mengggunakan metode kata lembaga ini dengan tujuan untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode kata lembaga, keterampilan membaca permulaan, peningkatan hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 14 Aug 2025 08:02
Last Modified: 14 Aug 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21610

Actions (login required)

View Item
View Item