Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 16 Aie Angek Kecamatan X Koto

Nurliza, Dewi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 16 Aie Angek Kecamatan X Koto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DEWI_NURLIZA_95457_3164_2014.pdf] Text
final_B1_6_DEWI_NURLIZA_95457_3164_2014.pdf

Download (688kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di SD Negeri 16 Aie Angek, bahwa siswa mendapatkan kesulitan dalam memahami konsep IPA, karena teknik mengajar yang masih relatif monoton dan tidak bervariasi karena pembelajaran IPA masih dilaksanakan dengan cara konvensional, dan Penilaian hasil belajar siswa selama ini diperoleh dari penilaian kognitif saja, sedangkan penilaian psikomotor dan proses jarang dilakukan, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Sumber data adalah proses pembelajaran Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 16 Aie Angek. Dalam penelitian ini, peneliti melibatkan teman sejawat yang bertindak sebagai obsever.
Hasil penelitian mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase RPP siklus I 66,06%, (cukup) dan siklus II meningkat menjadi 87,49% (sangat baik). Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran dari Aspek Guru siklus I 65,17%, ( cukup) dan siklus II meningkat menjadi 87,49%, Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran dari Aspek Siswa siklus I 65,17%, ( cukup) dan siklus II meningkat menjadi 86,60% (sangat baik). Sedangkan hasil belajar pada siklus I adalah 66,41 (cukup) dan siklus II meningkat menjadi 81,95 (sangat baik) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 16 Aie Angek Kecamatan X Koto.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan inkuiri dalam pembelajaran IPA, peningkatan hasil belajar siswa, penelitian tindakan kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 14 Aug 2025 08:00
Last Modified: 14 Aug 2025 08:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21599

Actions (login required)

View Item
View Item