Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Pendekatan CTL pada Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Balai-Balai Kota Padang Panjang

Gusti, Dewi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Pendekatan CTL pada Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DEWI_GUSTI_09716_768_2012.pdf] Text
final_B1_6_DEWI_GUSTI_09716_768_2012.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas IV SD Negeri 06 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Hal ini terjadi karena pada pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama guru belum mengaitkan pengalaman siswa yang berhubungan dengan dunia nyata. Akibatnya siswa kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran dan sulit memahami materi pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama. Salah satu pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru dalam penyajian pembelajaran ini adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian tindakan kelas ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan pendekatan CTL pada siswa kelas IV SD Negeri 06 Balai-Balai Kota Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat yang bertindak sebagai observer. Data penelitian ini berupa data RPP, data aktivitas guru, data aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 06 Balai-Balai Kota Padang Panjang Tahun ajaran 2010/2011. Hasil penelitian siklus I pada tahap perencanaan diperoleh hasil 84%, tahap pelaksanaan dari aspek guru 82% dan dari aspek siswa 80,5 %, tahap hasil belajar tes individual siswa dengan rata-rata 63,5, hasil tes afektif 77% dan hasil tes psikomotor 76%. Sedangkan pada siklus II tahap perencanaan diperoleh hasil 96%, tahap pelaksanaan dari aspek guru 97% dan dari aspek siswa 97%, tahap hasil belajar tes individual siswa meningkat menjadi 84, hasil tes afektif 87,5%, dan hasil tes psikomotor 87%. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan CTL pada materi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:58
Last Modified: 14 Aug 2025 07:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21588

Actions (login required)

View Item
View Item