Andriani, Dewi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SD Adabiah Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DEWI_ANDRIANI_50632_2621_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_DEWI_ANDRIANI_50632_2621_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DEWI_ANDRIANI_50632_2621_2014.pdf
Download (348kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cara mengajar guru yang kurang mengaktifkan siswa sehingga rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini terjadi karena guru mendominasi proses pembelajaran sehingga siswa tidak terlibat secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Inkuiri di kelas V SD Adabiah Kecamatan Padang Timur Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan tes, sedangkan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Adabiah Kecamatan Padang Timur Kota Padang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini terlihat dari hasil pengamatan RPP siklus I yaitu 58,92% (kurang) dan meningkat pada siklus II yaitu 85,71% (baik). Pada aspek guru siklus I 59,37% (kurang) meningkat pada siklus II yaitu 82,81% (baik) dan pada aspek siswa pada siklus I 59,37% (kurang) meningkat pada siklus II yaitu 85,93% (baik). Rekapitulasi hasil belajar siswa pada siklus I aspek kognitif, afektif, dan psikomotor adalah 64 dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 87,44. Hal ini dapat dikatakan bahwa penggunaan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD Adabiah Kecamatan Padang Timur Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar siswa, pembelajaran IPA, pendekatan inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:57 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21578 |