Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV A SD Negeri 05 Malabur Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam

Ruselvi, Devy (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV A SD Negeri 05 Malabur Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DEVY_RUSELVI_10486_10486_4970_2014.pdf] Text
final_B1_6_DEVY_RUSELVI_10486_10486_4970_2014.pdf

Download (650kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn di kelas IVA SDN 05 Malabur Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Hal ini terjadi karena guru lebih mengutamakan metode ceramah dan tanya jawab serta belum menemukan sendiri makna dari pembelajaran yang mereka jalani. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan model Cooperative Learning tipe Group Investigation. Tujuannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar pembelajaran PKn dengan model Cooperative Learning tipe Group Investigation.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Data penelitian diperoleh dari lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktifitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 05 Malabur Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam tahun ajaran 2013/2014.
Hasil penelitian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I yaitu 75% menjadi 82% pada siklus II menjadi 96%. Pelaksanaan pembelajaran dari aktifitas guru siklus I 77% menjadi 89% dan pada siklus II menjadi 93%. Pelaksanaan pembelajaran dari aktifitas siswa siklus I 70% menjadi 84% dan pada siklus II menjadi 91%. Hasil belajar siswa rata-rata pada siklus I 66 menjadi 80 pada siklus II. Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar PKn di Kelas IVA SDN 05 Malabur Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran PKn, model cooperative learning tipe GI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:11
Last Modified: 14 Aug 2025 07:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21574

Actions (login required)

View Item
View Item