Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) di Kelas V SD Negeri 16 Kampung Nan VI Kecamatan Lubuk Sikaping

Sari, Devita (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) di Kelas V SD Negeri 16 Kampung Nan VI Kecamatan Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DEVITA_SARI_16129023_3783_2020.pdf] Text
final_B1_6_DEVITA_SARI_16129023_3783_2020.pdf

Download (702kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah, kegiatan yang disusun guru belum sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan saat proses pembelajaran, terlihat bahwa guru menjelaskan pembelajaran dari awal sampai akhir pembelajaran sehingga menyebabkan siswa menjadi pasif dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan model kooperatif Numbered Heads Together (NHT) di kelas V SD Negeri 16 Kampung Nan VI Kecamatan Lubuk Sikaping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 16 Kampung Nan VI Kecamatan Lubuk Sikaping dengan jumlah 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a). RPP siklus I rata-rata 82,15 % dengan kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 92,85 % dengan kualifikasi Sangat Baik (SB), b). Pelaksanaan pada aspek guru siklus I rata-rata 82,81 % dengan kualifikasi Baik (B) meningkat pada Siklus II 93,75% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Sedangkan pelaksanaan aspek siswa siklus I rata-rata 81,25 % dengan kualifikasi Baik (B) meningkat pada Siklus II 93,75% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB), c). Penilaian hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 72,92 dengan kualifikasi Cukup (C) meningkat pada siklus II 82,80 dengan kualifikasi Baik (B). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa dengan model kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, pembelajaran tematik terpadu, model kooperatif NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:10
Last Modified: 14 Aug 2025 07:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21566

Actions (login required)

View Item
View Item