Peningkatan Hasil Belajar Pencerminan Bangun Datar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 07 Magek Kabupaten Agam

Murni, Devia (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pencerminan Bangun Datar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 07 Magek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DEVIA_MURNI_50567_2286_2012.pdf] Text
final_B1_6_DEVIA_MURNI_50567_2286_2012.pdf

Download (918kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada pembelajaran pencerminan bangun datar di kelas IV SD Negeri 07 Magek yang sudah terlaksana selama ini berfokus pada guru dan kurang melibatkan peran serta siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini mendorong penulis untuk meningkatkan pembelajaran pencerminan bangun datar melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Tujuan penelitian adalah agar hasil belajar siswa pada materi pencerminan bangun datar dapat meningkat, karena dengan menggunakan pendekatan CTL dalam pembelajaran pencerminan bangun datar siswa dapat terlibat langsung dan menemukan sendiri hasil dari pencerminan bangun datar yang dipelajari. Penulis dapat membuat perencanaan pembelajaran pencerminan bangun datar dengan pendekatan CTL, melaksanakan pembelajaran, dan memberikan penilaian dengan menggunakan pendekatan CTL.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 07 Magek Kabupaten Agam, dengan jumlah siswa 21 orang, yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Peneliti bertindak sebagai praktisi dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dalam pembelajaran pencerminan bangun datar efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang diperoleh dari siklus I yaitu 66,78% sedangkan pada siklus II nilai siswa yaitu 80,49%, dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran pencerminan bangun datar dengan mengunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran pencerminan bangun datar, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), peningkatan hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:07
Last Modified: 14 Aug 2025 07:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21545

Actions (login required)

View Item
View Item