Pengembangan Blog Modul untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X IPS.

Khairiyah, Erliza (2021) Pengembangan Blog Modul untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X IPS. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_ERLIZA_KHAIRIYAH_17058164_2246_2021.pdf] Text
B1_04_ERLIZA_KHAIRIYAH_17058164_2246_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kelayakan modul yang disajikan pada blog pada mata pelajaran sosiologi untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X IPS.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D (research and development), dengan desain pengembangan yang dipilih adalah menggunakan model pengembangan 4D. Langkah-langkah pengembangan nya adalah sebagai berikut. (1)define, (2)design, (3)development, (4)disseminate. Validasi produk pengembangan mencakup (1)uji ahli media pembelajaran, (2)uji ahli materi pembelajaran, (3)uji coba pengembangan, (4)praktikalitas produk. Peningkatan minat belajar siswa dianalisis memakai skaIa likert dengan range 1-4 program SPSS versi 22 Analyze Frequensies, dan uji t melalui data pretest dan posttest.
Hasil review dari ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa media blog modul sosiologi yang dikembangkan sudah sesuai dan dikatakan “layak”. Hasil validasi ahli materi untuk blog modul sosiologi sebesar 85% (sangat layak), validasi ahli media sebesar 82% (sangat layak), dan uji coba praktikalitas blog modul sosiologi sebesar 81,29% (sangat layak). Hal yang sama, blog modul sosiologi ini turut meningkatkan minat belajar siswa dengan nilai uji t 0,00 yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan dalam nilai pretest dan posttest siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BLOG, MINAT BELAJAR, MODUL, PENGEMBANGAN
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:06
Last Modified: 14 Aug 2025 07:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21538

Actions (login required)

View Item
View Item