Erizal, Erizal (2012) Persepsi Siswa terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 3 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_ERIZAL_02907_6058_2012.pdf [thumbnail of B1_04_ERIZAL_02907_6058_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_ERIZAL_02907_6058_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Masih rendahnya kemauan belajar siswa terhadap proses pembelajaran dan masih terdapat nilai-nilai siswa yang Masih di bawah nilai KKM.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif bertujuan untuk mengetahui tiga indikator dari persepsi siswa terhadap proses pembelajaran yang terdiri dari tanggapan dan pendapat siswa. Populasi penelitian sebanyak 332 siswa yang terdaftar dari semester Januari-Juni 2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified proportional random sampling yaitu 20% dari jumlah populasi sehingga menjadi 69 siswa sebagai sampel. Pengambilan data dengan cara membagikan angket yang dikualifikasikan menurut skala likert dan dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menyebabkan informasi yang lebih objektif dari responden.
Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekuensi (statistik deskriptif) dengan perhitungan persentase P = F/N × 100%. Dari analisis data diperoleh hasil rata-rata jawaban penelitian masing-masing indikator dari persepsi siswa terhadap proses pembelajaran Penjas Orkes yaitu Tanggapan Siswa terhadap pembelajaran 74,09% Diklasifikasikan “ baik”, Pendapat siswa terhadap pembelajaran 71,72% diklasifikasikan “baik”. Dari tanggapan dan pendapat siswa terhadap pembelajaran, Maka di dapat persentase persepsi siswa terhadap proses pembelajaran sebanyak 72,90% diklasifikasikan “baik”.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) S Sport |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:04 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21522 |