Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 03 Durian Tinggi Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota

Rinaldo, Ade (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 03 Durian Tinggi Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ADE_RONALDO_52340_2664_2012.pdf] Text
final_B1_6_ADE_RONALDO_52340_2664_2012.pdf

Download (290kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peeliti di SD Negeri 03 Durian Tinggi dan hasil wawancara terhadap guru kelas Empat SD Negeri 03 Durian Tinggi, pembelajaran ilmu pengetahuan alam ( IPA ) selama ini masih bersifat konvensional sehinga minat dan hasil belajar siswa menurun. Untuk itu penulis melalui penelitian ini akan berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan mengunakan metode inkuiri.Metode inkuiri adalah metode yang menggunakan dalam memperlajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh dengan menemukan sendiri sehingga mendorong siswa untuk berfikir kritis, analitis dan kreatif. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan mengunakan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif merukan suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriftif berupa kata-kata atau lisaran, sedangkan kuantitatif berkenaan dengan hasil yang dicapai siswa setelah selesai proses pembelajaran
Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, dengan menggunakan metode Inkuiri, hal ini dapat dilihat, baik dari kemampuan guru dalam merancang pembelajaran dari 72% mencapai tingkat peningkatan 97%, aktivitas guru dari 67% mengalami peningkatan 96%, aktivitas siswa dari 50% mengalami peningkatan menjadi 92%. Dan dari ketuntasan hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode Inkuiri adalah 40%, setelah diadakan tindakan siklus I pertemuan I terjadi peningkatan yaitu 50%, dan pada siklus I pertemuan II masih terjadi peningkatan yaitu 60% dan pada Siklus II pertemuan I adalah 80% dan terakhir pada siklus II pertemuan II menunjukkan hasil yang lebih baik lagi yaitu 90%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Metode Inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:30
Last Modified: 14 Aug 2025 04:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21506

Actions (login required)

View Item
View Item