Putra, Ade Rama (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Mengunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV SD Negeri 07 Sungai Aur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ADE_RAMA_PUTRA_58359_689_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_ADE_RAMA_PUTRA_58359_689_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ADE_RAMA_PUTRA_58359_689_2013.pdf
Download (321kB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SD 07 Sungai Aur, sehingga standar ketuntasan dalam pembelajaran IPA yang diinginkan belum tercapai. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Dalam hal ini pendekatan kontekstual merupakan salah satu pendekatan yang sangat efektif dan efisien untuk dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 07 Sungai Aur.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu aspek perencanaan, melakukan tindakan suatu rencana atau pelaksanaan, melakukan pengamatan terhadap tindakan dan melakukan refleksi atau perenungan terhadap perencanaan yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 07 Sungai Aur yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Instrument penelitian ini terdiri dari lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan tes.
Pada Siklus I penilaian RPP pertemuan 1 adalah 82.14%, pertemuan kedua 89,29%. Siklus II pertemuan I memperoleh nilai 92,85% dan pada pertemuan II tetap memperoleh nilai 92,85%. Aspek guru siklus I pertemuan 1 memperoleh nilai 63,88%, pertemuan kedua meningkat menjadi 72,33%. Pada siklus II aspek guru pertemuan I memperoleh nilai 86,11% dan pertemuan II meninggkat menjadi 94,44%. Aspek siswa siklus I pertemuan 1 memperoleh nilai 63.88%, pertemuan kedua 66,66%. Pada siklus II pertemuan I 77,77%, dan pada pertemuan II meningkat menjadi 88,88%. Dari hasil ini peneliti memperoleh Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 07 Sungai Aur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar , IPA , Pendekatan Contextual Teaching and Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:29 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21495 |