Peningkatan Hasil Belajar Luas Jajar Genjang dan Segitiga dengan Metode Belajar Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri 16 Kampung Nan VI Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Suryani, Ade Mustika (2012) Peningkatan Hasil Belajar Luas Jajar Genjang dan Segitiga dengan Metode Belajar Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri 16 Kampung Nan VI Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ADE_MUSTIKA_SURYANI_93515_954_2012.pdf] Text
final_B1_6_ADE_MUSTIKA_SURYANI_93515_954_2012.pdf

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran (teaching centered) sehingga hasil belajar luas jajar gejang dan segitiga siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan metode belajar kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang menjadikan siswa pusat pembelajaran itu sendiri (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran luas jajar genjang dan segitiga sehingga dapat meningkatkan hasil belajar luas jajar genjang dan segitiga di kelas IV SD Negeri 16 Kampung Nan VI Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan 5 atau 6 orang siswa dan setiap siswa mempunyai nomor yang berbeda. Model pembelajaran ini dilakukan melalui delapan tahap, dimulai dari penyajian materi oleh guru, pemberian tes awal, pembentukan kelompok dan pemberian nomor siswa, mengajukan permasalahan, mengecek pemahaman siswa, memberikan penegasan pembelajaran, memberikan tes akhir, dan memberikan penghargaan kelompok.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat. Nilai rata-rata siswa pada skor awal siklus I pertemuan I adalah 58, diadakan tindakan pada siklus I meningkat dengan rata-rata 62. Kemudian diadakan lagi tindakan pada siklus II, dengan rata-rata nilai siswa mencapai 73. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar luas jajar genjang dan segitiga siswa kelas IV SD Negeri 16 Kampung Nan VI Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Oleh sebab itu, disarankan agar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran melalui metode belajar kooperatif tipe NHT dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Belajar Kooperatif, Numbered Head Together (NHT)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:27
Last Modified: 14 Aug 2025 04:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21482

Actions (login required)

View Item
View Item