Astia, Era Gumala (2018) Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Rocky Plaza Hotel Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_ERA_GUSMALA_ASTIA_14135032_3748_2018.pdf [thumbnail of B1_04_ERA_GUSMALA_ASTIA_14135032_3748_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_ERA_GUSMALA_ASTIA_14135032_3748_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap kinerja karyawan
Rocky Plaza Hotel Padang dari enam departemen operasional belum ada yang
mampu mencapai target kinerja excellent yang di tetapkan perusahaan Kemudian
dilihat pada rata-rata kinerja dari enam departemen bagian operasional mengalami
penurunan, yaitu tahun 2016 bulan Juli sebesar 8,55 turun pada tahun 2017 bulan
Desember menjadi 7,66. Hal tersebut menggambarkan kinerja karyawan Rocky
Plaza Hotel Padang mengalami penurunan pada tahun 2017. Oleh karena itu
Rocky Plaza Hotel Padang mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kinerja
karyawannya namun terdapat masalah pada saat mengadakan pelatihan yaitu
jadwal pelatihan yang telah direncanakan tidak terealisasi sepenuhnya Ada
beberapa karyawan tidak mengikuti kegiatan pelatihan yang telah direncanakan.
Jenis penelitian ini adalah Asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh karyawan operasional di Rocky Plaza Hotel Padang periode
Januari-Juni 2018 yang berjumlah 91 orang karyawan dengan jumlah sampel 91
orang yang diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data variabel
pelatihan menggunakan angket yang disusun berdasarkan Skala Likert yang telah
teruji validitas dan reliabilitasnya dengan uji coba penelitian di Grand Rocky
Hotel Bukittinggi, sedangkan data kinerja karyawan merupakan data sekunder
yang didapatkan dari HRD Rocky Plaza Hotel Padang. Selanjutnya data dianalisis
melalui bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil
sebagai berikut: (1) Pelatihan berada psada kategori sangat baik (97,8%), (2)
Kinerja Karyawan berada pada kategori baik (70%), (3) Hasil uji hipotesis regresi
linear sederhana diperoleh F 0,712 dengan sig. 0,000 < 0,05, variabel pelatihan
dapat menjelaskan variabel kinerja secara signifikan, dengan nilai R Square
sebesar 0,008. pelatihan mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 0,8% dan
99,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Deviation from linearitas sebesar 0,169 >
0.05, yang artinya terdapat hubungan linear secara signifikan antara variabel
pelatihan (X) dan kinerja karyawan (Y). Kemudian diperoleh nilai koefisien
regresi sebesar 0, 182 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Artinya setiap peningkatan
sebesar 1 satuan pelatihan akan meningkatkan 0, 182 satuan kinerja karyawan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KINERJA KARYAWAN, PELATIHAN |
Subjects: | Hospitality > Hoaspitality Management |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:27 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21481 |