Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament pada Materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Kimia Kelas X SMAN 1 Kota Solok

Wahyuni, Lona Dwi (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament pada Materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Kimia Kelas X SMAN 1 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_LONA_DWI_WAHYUNI_05096_1677_2013.pdf] Text
final_B1_7_LONA_DWI_WAHYUNI_05096_1677_2013.pdf

Download (650kB)

Abstract

Materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi kimia merupakan salah satu materi yang membutuhkan banyak latihan soal. Materi ini terasa sulit jika disampaikan dengan metoda ceramah. Agar pembelajaran mudah dipahami dan tidak membosankan, dibutuhkan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menerapkan strategi Learning Tournament. Strategi ini merupakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam menggali informasi dan pengetahuan untuk dibahas dalam proses pembelajaran. Pelaksanaanya menggabungkan kelompok belajar dengan kompetisi tim. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X yang terdaftar pada semester I tahun ajaran 2011/2012 SMAN 1 Kota Solok kecuali kelas unggul. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling, dan diperoleh kelas X9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X7 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes diakhir penelitian. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 66.36 dan kelas kontrol dengan nilai rata- rata 57.67. Hasil uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelas sampel menunjukkan bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Setelah dilakukan uji-t dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan strategi Learning Tournament lebih tinggi secara signifikan daripada pembelajaran tanpa strategi Learning Tournament pada materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi di kelas X SMAN 1 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Tournament, Randomized Control Group Postest Only Design, Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:26
Last Modified: 14 Aug 2025 04:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21469

Actions (login required)

View Item
View Item