Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Multimedia Interaktif dalam Strategi Belajar Questions Students Have terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Swasta Batang Kabung Padang

Anggriawan, Fandy Septia (2012) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Multimedia Interaktif dalam Strategi Belajar Questions Students Have terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Swasta Batang Kabung Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_FANDY_SEPTIA_ANGGRIAWAN_91738_1092_2012.pdf] Text
final_B1_06_FANDY_SEPTIA_ANGGRIAWAN_91738_1092_2012.pdf

Download (401kB)

Abstract

Hasil penelitian yang dilakukan di Madrasah Aliyah Swasta Batang Kabung Padang,
hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) masih
dibawah rata-rata dan penelitian ini juga berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa
pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Banyak media
menarik yang tidak diterapkan oleh guru dalam penyajiannya salah satunya adalah dengan
menggunakan media pembelajaran CD Multimedia Interaktif. Serta tidak adanya
penggunaan strategi belajar. Untuk itu disini digunakan Strategi Belajar Questions Students
Have. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen untuk melihat perbandingan
hasil belajar siswa yang menggunakan CD Multimedia Interaktif Dalam Strategi Belajar
Questions Students Have dan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) dan
Strategi Belajar Questions Students Have.
Populasi penelitian adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Batang Kabung
Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/ 2012 dan teknik dalam penentuan sampel
adalah total sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas X.A yang menggunakan
media pembelajaran CD Multimedia Interaktif Dalam Strategi Belajar Questions Students
Have sebagai kelompok eksperimen dan model pembelajaran langsung (Direct Instruction)
dan Strategi Belajar Questions Students Have sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir
soal.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji t).
Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan media pembelajaran CD
Multimedia Interaktif dalam strategi belajar Questions Students Have memiliki nilai rata
rata nilai (75,34) lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model
pengajaran langsung (70,88). Sedangkan dari perhitungan uji t diperoleh thitung adalah 12,74
sedangkan ttabel sebesar 1,671. dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya
dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini disebabkan karena pada kelas
eksperimen siswa dibimbing untuk dapat mengembangkan kemampuan dan potensinya.
Kegiatan ini mengakibatkan pengetahuan yang diperoleh sebelumnya akan bertahan lama.
Pada kelas kontrol siswa lebih banyak sebagai penerima informasi dan guru telah
mengemas pesan yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:25
Last Modified: 14 Aug 2025 04:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21462

Actions (login required)

View Item
View Item