Hidayat, Muharnis (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Diklat Kerja Bangku Siswa Kelas X Teknik Mesin SMK N 2 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_MUHARNIS HIDAYAT_06260_2012_3994.pdf [thumbnail of final_B1_7_MUHARNIS HIDAYAT_06260_2012_3994.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_MUHARNIS HIDAYAT_06260_2012_3994.pdf
Download (566kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual (Contextual Learning ) pada mata diklat kerja bangku siswa kelas X di SMK N Batusangkar.. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N Batusangkar dengan jumlah siswa 24 orang.. Sebelum penelitian tindakan kelas dilakukan, dilakukan uji coba test terlebih dahulu (free test) pada kelas X Teknik Mesin SMK N 2 Batusangkar ,diperoleh indeks rata-rata siswa 48,8. Dari siswa 24 orang siswa, yang
memperoleh ketuntasan hasil belajar hanya 3 orang. Setelah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I nilai rata-rata siswa 62,5 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40 dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak
7 orang (38,9%). Sedangkan yang tidak tuntas hasil belajarnya adalah 11 orang siswa dari 18 orang siswa yang mengikuti test dengan persentasenya 61,1%.Dilanjutkan dengan PTK siklus II, siswa yang mengikuti test akhirnya sebanyak
23 orang siswa. Siswa yang mencapai nilai ketuntasan hasil belajar sebanyak 19 orang siswa dengan persentase 82,6% dan yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar sebanyak 4 orang siswa dengan persentase 17,4 % dengan rata-rata kelas
siswa yaitu 73,3. Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Kerja Bangku di SMKN 2 Batusangkar. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode pembelajaran kontekstual (CTL) di kelas X Teknik Mesin SMKN 2 Batusangkar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah melihat hasil dari penelitian ini maka disarankan para tenaga pendidik khususnya
di sekolah kejuruan teknik dapat menerapkan metode pembelajaran CTL ini pada mata diklat produktif lainnya. Dan untuk selanjutnya kepada rekan-rekan mahasiswa untuk dapat menerapkan metode CTL ini pada mata diklat produktif
lainnya untuk penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:06 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21445 |