Pendekatan Belajar Individual bagi Siswa Disabilitas di SMA LB Negeri 2 Padang

Rahmatika, Intan (2017) Pendekatan Belajar Individual bagi Siswa Disabilitas di SMA LB Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_INTAN_RAHMATIKA_54770_257_2017.pdf] Text
final_B1_06_INTAN_RAHMATIKA_54770_257_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menjelaskan tentang
Pendekatan belajar individual bagi siswa disabilitas (berkebutuhan khusus) di
SMA LB Negeri 2 padang yang berkaitan dengan pendekatan individual di luar
kelas (outdoor learning).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif analisis. Data diperoleh dengan pengamatan studi pustaka,
observasi, wawancara, dan dokumentasi, Data dianalisis berdasarkan proses
pembelajaran tari yang di peragakan oleh siswa disabilitas (berkebutuhan khusus).
Hasil pembelajaran tari di SMA LB Negeri 2 padang memakai pendekatan
individual (outdoor learning) yang awal nya hanya menggunakan ruangan kelas
untuk pembelajaran sehingga siswa terlihat bosan, tetapi dengan pendekatan
individual di luar kelas (outdoor learning) siswa terlihat lebih fokus, senang dan
bersemangat dalam menari. Mereka yang awal nya tidak percaya diri serta kurang
merespon, dengan pendekatan individual di luar kelas (outdoor learning) siswa
disabilitas berkebutuhan khusus (tuna rungu) terlihat lebih bersemangat. Dengan
pendekatan outdoor learning ini mereka terlihat lebih antusias melakukan gerakan
tari yang diperagakan oleh guru walaupun mereka mempunyai kekurangan dalam
pendengaran tanpa musik dan hanya menggunakan tempo melalui tepukan yang
dilihat tidak menjadi hambatan untuk mereka berkreasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:06
Last Modified: 14 Aug 2025 03:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21441

Actions (login required)

View Item
View Item