Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas V SD Negeri 09 VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman

Irma, Ade (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas V SD Negeri 09 VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ADE_IRMA_04316_746_2013.pdf] Text
final_B1_6_ADE_IRMA_04316_746_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 09 VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman, guru masih mendominasi proses pembelajaran dan belum mampu melibatkan partisipasi siswa secara langsung. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SD Negeri 09 VII Koto Sungai Sariak pada materi kenampakan alam dengan menggunakan Cooperative Learning tipe Think Pair Share.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif, Sedangkan jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 09 VII Koto Sungai Sariak dengan jumlah siswa 20 orang, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Penelitian dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa, ratarata skor perolehan pada siklus I hanya 72,41 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,99. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 09 VII Koto Sungai Sariak kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPS, Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 13 Aug 2025 09:42
Last Modified: 13 Aug 2025 09:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21423

Actions (login required)

View Item
View Item