Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Adha, Intan Aulia (2020) Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_INTAN_AULIA_ADHA_16033015_3138_2020.pdf] Text
final_B1_06_INTAN_AULIA_ADHA_16033015_3138_2020.pdf

Download (740kB)

Abstract

Kebutuhan belajar Pendidikan era milenium menuntut pembelajaran berbasis
ICT (Information and Communication Technology) dengan memanfaatkan sumber
belajar yang bervariatif. Faktanya menunjukkan Penggunaan sumber belajar yang
bervariatif adalah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar pada
peserta didik. Saat ini pembelajaran jarak jauh sangat banyak membutuhkan
penggunaan media pembelajaran salah satunya media pembelajaran video.
Pendidikan yang bermutu menuntut proses pembelajaran yang efektif dan
efisien. Pembelajaran akan efisien apabila didukung oleh penggunaan media
pembelajaran yang tepat. Banyak penelitian tentang penguruh penggunaan media
video pembelajaran terhadap hasil belajar yang telah dipublikasikan dengan hasil yang
bervariasi. Namun studi studi yang komprehensif bagaimana pengaruh penggunaan
media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa belum ditemukan.
Berdasarkan di atas, telah dilakukan penelitian meta analisis yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar
peserta didik pada kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian metaanalisis
ini berupaya merangkum dan menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah
dipublikasikan secara nasional maupun internasional yang berkaitan dengan media
pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa. Sampel analisis adalah sepuluh jurnal
yang diterbitkan pada rentang tahun 2014-2020. Instrumen penulisan berupa lembar
pengkodean yang merangkum data dan informasi jurnal. Hasil penelitian menunjukan
bahwa media pembeajaran video secara keseluruhan mampu memberikan pengaruh
terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan media pembeajaran video pada jenjang
pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK memiliki efek yang sangat Tinggi terhadap hasil
belajar siswa pada pada jenjang pendidikan SD, SMP SMA, dan SMK. Hal ini dapat
simpulkan bahwa media pembelajaran video sangat efektif digunakan dalam proses
pembelajaran IPA disetiap jejang pendidikan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran video dan Hasil belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 13 Aug 2025 09:39
Last Modified: 13 Aug 2025 09:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21407

Actions (login required)

View Item
View Item