Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 15 Belakang Pondok Kecamatan Padang Selatan Kota Padang

Deswati, Deswati (2012) Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 15 Belakang Pondok Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DESWATI_09606_4272_2012.pdf] Text
final_B1_6_DESWATI_09606_4272_2012.pdf

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 15 Belakang Pondok Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan metode yang memberikan pengalaman langsung tentang sesuatu hal yang diamati oleh siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 15 Belakang Pondok Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, serta menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen di kelas V SD Negeri 15 Belakang Pondok Padang Selatan dapat dilihat pada: siklus I diperoleh rata-rata aspek kognitif 69,9 (cukup), pada siklus II meningkat menjadi rata-rata aspek kognitif mencapai 78 (baik). Sedangkan untuk penilaian proses sendiri didapatkan hasil dari aspek afektif pada siklus I, 74% (baik), pada aspek psikomotor pada siklus I, 70% (baik). Sedangkan hasil aspek afektif pada siklus II diperoleh nilai 78% (baik) dan aspek psikomotor pada siklus II 77% (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 15 Belakang Pondok Kecamatan Padang Selatan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode eksperimen, hasil belajar, pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 13 Aug 2025 09:37
Last Modified: 13 Aug 2025 09:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21400

Actions (login required)

View Item
View Item