Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Op di Kelas IV SDN 05 Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat

Deswarti, Deswarti (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Op di Kelas IV SDN 05 Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DESWARTI_ 58388_5309_2016.pdf] Text
final_B1_6_DESWARTI_ 58388_5309_2016.pdf

Download (933kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru dan model pembelajaran yang digunakan pada umumnya bersifat konvensional, sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe Co-Op Co-Op di Kelas IV SD.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Prosedur penelitian meliputi, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan dilakukan secara kerjasama antara peneliti dan observer.
Dari hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penilaian RPP memperoleh nilai rata-rata 78,5% pada siklus I meningkat menjadi 93% pada siklus II. Untuk penilaian aspek guru mendapat nilai rata-rata 70% pada siklus I meningkat menjadi 95% pada siklus II. Pada aspek siswa memperoleh nilai rata-rata 65% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II. Untuk hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai 75,2 meningkat menjadi 84,8 pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan dengan menggunakan model cooperative learning tipe Co-Op Co-Op dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV SD N 05 Sasak Kec. Sasak Ranah Pasisie Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, pembelajaran IPS, cooperative learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 13 Aug 2025 09:37
Last Modified: 13 Aug 2025 09:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21396

Actions (login required)

View Item
View Item