Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SD Negeri 02 Aur Kuning Bukitt

Surya, Ade Irma (2012) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SD Negeri 02 Aur Kuning Bukitt. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ADE IRMA SURYA _01386.pdf] Text
final_B1_6_ADE IRMA SURYA _01386.pdf

Download (904kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di kelas IV SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi, hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PKn masih rendah, guru cenderung menggunakan pendekatan konvensional (teacher centre) dan kurang memberikan motivasi kepada peserta didik dalam mengungkapkan pendapatnya karena kegiatan diskusi jarang dilakukan dan kurang menerapkan proses pembelajaran yang lebih kooperatif dan interaktif. Untuk itu, penulis melalui penelitian ini mencoba meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar.
\Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pembelajarannya dengan menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). RPP disusun dengan mengikuti langkah-langkah TPS. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian dari sebelum penggunaan pendekatan TPS dengan nilai rata-rata masih 62,47% dan setelah penggunaan pendekatan TPS terlihat peningkatan hasil belajar peserta didik. Kemampuan guru dalam merancang pembelajaran dari 82,8% pada siklus I menjadi 96,8% pada siklus II. Aktivitas guru dari 77,8% meningkat menjadi 94,4% dan aktivitas peserta didik dari 73,6% meningkat menjadi 91,7%. Peningkatan hasil belajar peserta didik, pada tes tindakan siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 70,75%. Mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,28%. Penulis mengambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran PKn, dan Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 13 Aug 2025 09:37
Last Modified: 13 Aug 2025 09:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21392

Actions (login required)

View Item
View Item