Deswarni, Deswarni (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Metode Eksperimen di Kelas IV SD N 04 Koto Tangah Batu Hampar Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DESWARNI_10441_2248_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_DESWARNI_10441_2248_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DESWARNI_10441_2248_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA disebabkan guru masih belum menggunakan metode yang cocok dengan materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen di kelas IV SD N 04 Koto Tangah Batu Hampar Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Alur penelitian meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, dilaksanakan 2 siklus, dengan empat pertemuan. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan dan lembar tes. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di kelas IV SD N 04 Koto Tangah Batu Hampar.
Penelitian menunjukkan peningkatan pada perencanaan yaitu (a) RPP siklus I diperoleh nilai 80,4% (B) dan meningkat pada siklus II dengan nilai 93% (SB), (b) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru, pada siklus I dengan diperoleh nilai 74% (C) dan meningkat pada siklus II menjadi 93% (SB). Pada aspek siswa siklus I diperoleh nilai 71% (C), dan meningkat pada siklus II menjadi 90% (SB), (c) Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai 71(C) dan pada siklus II meningkat menjadi 84 (B). Dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD N 04 Koto Tangah Batu Hampar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar siswa, pembelajaran IPA, metode eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 09:37 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 09:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21391 |