Hardi, Ines (2019) Faktor–faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswaterhadap Pembelajaran Seni Taridi SMP Negeri 1 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_Ines_Hardi_14023103_928_2019.pdf [thumbnail of final_B1_06_Ines_Hardi_14023103_928_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_Ines_Hardi_14023103_928_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktorfaktor
penyebab rendahnya minat siswa terhadap proses pembelajaran seni tari di
SMP Negeri 1 Payakumbuh.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
deskriptif. Instrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan
instrumen pendukung seperti alat-alat tulis dan kamera. Jenis data menggunakan
data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan dilakukan dengan cara studi
keperpustakaan, observasi langsung ke lapangan, wawancara dan dokumentasi.
Dan teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah 1) reduksi data, 2)
penyajian data dan 3) verifikasi atau penyimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar faktor – faktor
penyebab rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran seni tari ada 3 yaitu
faktor tersebut adalah faktor siswa, faktor guru dan faktor sekolah. Artinya dari
faktor siswa dilihat dari 2 indikator yaitu Keinginan dan disiplin yang hasil
pengamatan dari pertemuan 1 s/d 4 berhubungan dengan keinginan siswa yang
kurang muncul dan tidak berkenan untuk belajar seni tari. Kemudian dari dampak
faktor guru yang artinya bahwa dengan tidak tepatnya penggunaan metode dan
kemampuan guru dalam mengajar berdampak pada kemampuan siswa dan respon
siswa dalam mengikuti kegiatan praktek pembelajaran seni tari ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 09:37 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 09:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21390 |