Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar pada Materi Koloid di SMAN 8 Padang

Septiany, Kartika (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar pada Materi Koloid di SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_KARTIKA_SEPTIANY_96929_5332_2013.pdf] Text
B1_5_KARTIKA_SEPTIANY_96929_5332_2013.pdf

Download (367kB)

Abstract

Keberhasilan penerapan ilmu pengetahuan ditentukan oleh keberhasilan
pelaksanaan kegiatan pembelajaran, yakni keterpaduan antara kegiatan pendidik
dengan kegiatan peserta didik. Oleh karena itu, pendidik harus mampu
mengoptimalkan kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar dengan memaksimalkan aktivitas belajar. Salah satu model pembelajaran
yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan
untuk mengungkapkan peningkatan hasil belajar dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada pokok bahasan Koloid di
SMAN 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan
menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 8 Padang tahun
pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian diambil secara acak dengan teknik
Random Sampling dan terplih kelas XI IA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI
IA1 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan hasil
belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif yang dilihat
dari nilai tes akhir. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen yang
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing memperoleh
nilai rata-rata hasil belajar sebesar 80,875 dan kelas kontrol dengan pembelajaran
tanpa kooperatif tipe snowball throwing dengan nilai 69,548. Setelah dilakukan
uji-t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 61 diperoleh
thitung sebesar 6,559 sedangkan ttabel sebesar 1,67. Hal ini berarti thitung > ttabel , maka
hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
peningkatan yang signifikan dari hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada pokok bahasan
Koloid.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 13 Aug 2025 09:37
Last Modified: 13 Aug 2025 09:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21387

Actions (login required)

View Item
View Item