Pengaruh Penggunaan Buku Kerja Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran PBI terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh

Sari, Karmila (2014) Pengaruh Penggunaan Buku Kerja Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran PBI terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_KARMILA_SARI_12699_1802_2014.pdf] Text
B1_5_KARMILA_SARI_12699_1802_2014.pdf

Download (705kB)

Abstract

Pelajaran Fisika yang materinya banyak bersifat abstrak menuntut adanya
sumber belajar yang bersifat kontekstual, namun ketersediaan sumber belajar
berbasis kontekstual pada pembelajaran Fisika masih terbatas dan jarang
melibatkan siswa dalam penyelesaian permasalahan. Salah satu alternatif untuk
mengatasi permasalahan ini adalah penggunaan buku kerja berbasis kontekstual
dalam pemebelajaran PBI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan buku kerja berbasis kontekstual dalam pembelajaran PBI terhadap
pencapaian kompetensi IPA Fisika siswa kelas VIII SMPN 3 Kecamatan
Payakumbuh.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu. Populasi dalam
penelitian adalah semua siswa pada kelas VIII SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh
yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan
melalui teknik Cluster Random Sampling, kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen
dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Data yang diambil berupa hasil belajar
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk ranah kognitif adalah tes
tertulis sedangkan untuk ranah afektif dan psikomotor adalah lembar observasi.
Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa thintung > ttabel yang menggunakan buku
kerja berbasis kontekstual dalam pembelajaran PBI pada ranah kognitif, afektif
dan psikomotor hasil belajarnya berturut – turut adalah 85, 85,5 dan 85,5.
Penggunaan buku kerja berbasis kontekstual dalam pembelajaran PBI
memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa SMPN
3 Kecamatan Payakumbuh. Hal ini diyakini akibat perlakuan yang diberikan,
maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan buku kerja
berbasis kontekstual dalam pembelajaran PBI terhadap pencapaian kompetensi
IPA Fisika siswa kelas VIII SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN BUKU KERJA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 13 Aug 2025 09:36
Last Modified: 13 Aug 2025 09:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21377

Actions (login required)

View Item
View Item