Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 14 VII Koto Kecamatan VII Koto Sungai Sarik

Harmella, Achya (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 14 VII Koto Kecamatan VII Koto Sungai Sarik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ACHYA_HARMELLA_93580_875_2012.pdf] Text
final_B1_6_ACHYA_HARMELLA_93580_875_2012.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan konsttruktivis. Pendekatan konstruktivis merupakan suatu proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara maksimal. Dimana siswa menyelidiki dengan cara mencari informasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Pembelajaran dimotivasi untuk aktif berfikir, melibatkan diri dalam kegiatan dan mampu menyelesaikan tugas sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 14 VII Koto Sungai Sarik. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, tes, dan lembar pengamatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPS tentang kenampakan alam dan keragaman sosial budaya di kelas IV SDN 14 VII Koto Kecamatan VII Koto Sungai Sarik. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti.B
Hasil penilaian penelitian setelah siklus I menunjukkan rata-rata ketercapaian yang diperoleh guru dalam penyusunan RPP pada siklus I 74,99%, dan siklus II 92,85%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I diperoleh 83,93% dan siklus II 96,43%. Penilaian aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 72,92% dan siklus II diperoleh 93,75%. Penilaian hasil belajar siswa pada ketiga aspek diperoleh rata-rata pada siklus I pertemuan I 57,12%, dan pertemuan kedua siklus I diperoleh 64,90%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I diperoleh rata-rata 74,37%, dan pertemuan kedua diperoleh 84,17%. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Konstruktivis, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 13 Aug 2025 09:35
Last Modified: 13 Aug 2025 09:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21364

Actions (login required)

View Item
View Item