Handayani, Lisza (2016) Hubungan Minat dan Disiplin Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas XI Jurusan Teknik Permesinan di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_LISZA_HANDAYANI_1206241_3980_2016.pdf [thumbnail of final_B1_7_LISZA_HANDAYANI_1206241_3980_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_LISZA_HANDAYANI_1206241_3980_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kecenderungan siswa yang kurang perhatian, sering terlambat masuk kelas, rendahnya kehadiran, rendahnya kehadiran, dominasi pengumpulan tugas yang tidak tepat waktu, kurangnya kesadaran dan informasi siswa pentingnya mempelajari gambar teknik dan rendahnya hasil belajar siswa XI Teknik Permesinan SMK Negeri 5 Padang, merupakan suatu permasalahan yang serius bagi lulusan SMK N 5 Padang untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya atau bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan minat dan disiplin belajar dengan hasil belajar gambar teknik siswa kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 5 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI Teknik Permesinan di SMK Negeri 5 Padang. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah total sampling. Objek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 April - 11 Mei 2016. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara penyebaran angket kepada siswa kelas XI Teknik Permesinan. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi linear sederhana dan ganda. Dimana penelitian ini mendiskripsikan bagaimana hubungan antara minat dan disiplin dengan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 5 Padang.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh selama penelitian yaitu terdapatnya hubungan minat belajar dengan hasil belajar dengan koefisien determinasinya 0,130 yang mempunyai arti minat belajar memberikan hubungan sebesar 13% setelah melakukan uji korelasi signifikan pada taraf 5%, dan terdapatnya hubungan disiplin dengan hasil belajar dengan koefisien detrminasinya 0,106 yang mempunyai arti disiplin belajar memberikan hubungan sebesar 10,6%. Dan terdapatnya hubungan minat dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan koefisien determinasinya 0,138 yang mempunyai arti minat dan disiplin memberikan hubungan secara bersama-sama sebesar 13,8%dengan hasil belajar setelah melakukan uji korelasi signifikan pada taraf 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan minat dan disiplin belajar dapat memberikan hubungan dalam peningkatan hasil belajar siswa yang berarti semakin tinggi minat dan disiplin belajar siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Disiplin Belajar,Hasil Belajar, Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 09:35 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 09:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21362 |