Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas IV SDN 45 Payakumbuh

Fansuri, Abdul Randi (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas IV SDN 45 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ABDUL_RANDI_FANSURI_17129112_1881_2022.pdf] Text
final_B1_6_ABDUL_RANDI_FANSURI_17129112_1881_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 45 Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Talking Stick.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memilik tahapan; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Pengamatan; d) Refleksi, dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 4 peserta didik perempuan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian di laksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II: a) RPP siklus I dengan rata-rata 76,94% (cukup) dan siklus II 97,22% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 78,75% (cukup) dan siklus II 97,5% (sangat baik), sedangkan pada aspek peserta didik siklus I rata-rata76,25% (cukup) dan siklus II 97,5% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 76,77 (cukup) dan siklus II dengan rata-rata 85,7 (baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, tematik terpadu Cooperative Learning tipe Talking Stick
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:44
Last Modified: 13 Aug 2025 07:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21357

Actions (login required)

View Item
View Item