Nurlena, Nurlena (2015) Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Balok Ukur di Taman Kanak-Kanak Tunas Bangsa Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_NURLENA_1308784_814_2016.pdf [thumbnail of final_B1_7_NURLENA_1308784_814_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_NURLENA_1308784_814_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak belum mampu mencocokan benda dengan angka, hal ini disebabkan media yang digunakan guru kurang menarik, dan metode yang digunakan kurang bervariasi serta media yang digunakan kurang menarik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui balok ukur di Taman Kanak-kanak Tunas Bangsa Sungai Tunu Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas dan memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan pada kelompok B Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah anak 16 orang yang terdiri dari 7 orang Perempuan dan 9 orang Laki-laki. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan persentase.Penelitian ini dilakukan dua Siklus, pelaksanaan siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan.Berdasarkan hasil tindakan dapat dinyatakan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan balok ukur. Pada kondisi awal persentase rendah pada siklus I sedikit meningkat, pada siklus II menunjukan bahwa kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan dari sebelum tindakan. sehingga persentase rata-rata tingkat keberhasilan anak
melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 07:44 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 07:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21346 |