Ermalesmi, Ermalesmi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Jaring-jaring Balok dan Kubus dengan Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Kelas IV SD Negeri 01Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_A_ERMALESMI_50584_2487_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_A_ERMALESMI_50584_2487_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_A_ERMALESMI_50584_2487_2012.pdf
Download (401kB)
Abstract
Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus siswa masih rendah. Salah satu usaha untuk meningkatkan hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus adalah dengan menggunakan Realistic Mathematics Education (RME).
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran jaring-jaring balok dan kubus dengan menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) di kelas IV SD Negeri 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Setelah dilakukan siklus I, kemudian dilakukan refleksi. Hasil refleksi yang dilaksanakan pada siklus I memberikan kesimpulan bahwa perlu dilaksanakan siklus II untuk memperbaiki (1) pelaksanaan pembelajaran terhadap jaring-jaring balok dan kubus dan (2) hasil pemahaman terhadap jaring-jaring balok dan kubus. Setelah dilaksanakan siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) efektif untuk meningkatkan hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus siswa kelas IV SD Negeri 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung .
Hasil penilaian penelitian setelah pertemuan I siklus I menunjukan ketercapaian nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 72, asfek afektif 57. Penelitia dilanjutkan pada pertemuan II siklus I nilai rata-rata hasil kognitif meningkat menjadi 75, asfek afektif 97. Peneliti dilanjutkan pada iklus II dimana hasil yang diperoleh siswa pada aspek kognitif adalah 80, asfek afektif 98. Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas dengan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jaring-jaring Balok, Realistic Mathematics Education (RME) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 07:29 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 07:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21335 |