Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Objek Wisata Pemandian Pincuran 7 di Kabupaten Sijunjung Sumatra Barat

Irhartini, Endang (2021) Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan pada Objek Wisata Pemandian Pincuran 7 di Kabupaten Sijunjung Sumatra Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_ENDANG_IRHARTINI_17135224_3706_2021.pdf] Text
B1_04_ENDANG_IRHARTINI_17135224_3706_2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada beberapa permasalahan yang timbul di
Objek wisata Pemandian Pincuran 7 di Kabupaten Sijunjung yaitu kurang adaya
tenaga ahli dibidang kepariwisataan untuk melakukan promosi dan jangkaun
promosi masih minim, tidak adanya promosi melalui media outdoor, tidak adanya
promosi melalui media cetak, terdapat wisatawan yang tidak puas setelah
berkunjung, wisatawan yang tidak ingin berkunjung kembali, dan wisatawan yang
tidak menjadikan Pemandian Pincuran 7 sebagai tujuan utama untuk berkunjung.
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui
pengaruh promosi terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada objek wisata
Pemandian Pincuran 7 di Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini tergolong kepada
penelitian asosiatif kausal. Sampel diambil dari wisatawan yang berkunjung ke
objek wisata Pemandian Pincuran 7. Sampel penelitian diambil menggunakan
teknik purposive sampling, serta sampel berjumlah 99 responden. Data
dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner yang sudah disusun kemudian
diberikan kepada responden yang telah diuji terlebih dahulu validitas serta
reliabilitasnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Promosi berada pada
golongan samgat baik (67,68%), (2) Keputusan berkunjung berada pada golongan
cukup (59,60%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana didapatkan F
hitung 5,347 dengan signifikan0,023> 0,05 maka variabel promosi dapat
menjelaskan keputusan berkunjung secara signifikan, dan diperoleh R square
senilai 0,052 yang artinya pengaruh variabel promosi terhadap variabel keputusan
berkunjung adalah sebanyak 5,2% dan sisanya faktor lain yang
mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROMOSI, KEPUTUSAN BERKUNJUNG
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:51
Last Modified: 13 Aug 2025 06:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21305

Actions (login required)

View Item
View Item