Sukma, Jholly Yukar (2012) Pembelajaran Kooperatif Dengan Mind mapping Dan TTS Pada Pembelajaran Tatanama Senyawa dan Persamaan Reaksi Kimia. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_JHOLLY_YUKAR_SUKMA_84224_1412_2012.pdf [thumbnail of final_B1_8_JHOLLY_YUKAR_SUKMA_84224_1412_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_JHOLLY_YUKAR_SUKMA_84224_1412_2012.pdf
Download (445kB)
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan beberapa komponen yaitu siswa, guru, tujuan pembelajaran, isi pelajaran, metode, media, dan evaluasi. Guru sebagai penyelenggara proses pembelajaran memiliki peranan untuk mengupayakan terjadinya interaksi siswa dengan komponen-komponen lain secara optimal. Salah satu upaya yang dilakukan guru adalah pemilihan metode yang tepat. Metode pembelajaran tersebut dapat berupa pembelajaran kooperatif. Untuk lebih memudahkan pemahaman konsep digunakan mind mapping. Teka teki silang digunakan sebagai variasi tugas-tugas siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian “Randomized Control-Group pottest Only Design ”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan apaka hasil belajar siswa pada pembelajaran kooperatif dengan mind mapping dan TTS lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran Tatanama Senyawa dan Persamaan Reaksi Kimia di SMA. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Bukittinggi tahun ajaran 2011/2012 dan sampel penelitian adalah kelas X2 dan X5. Hasil belajar yang akan diteliti adalah hasil belajar pada ranah kognitif yang diperoleh pada akhir pembelajaran. Untuk mengetahui hasil belajar siswa, maka dilakukan tes hasil belajar menggunakan 25 soal objektif yang telah diujicobakan terlebih dahulu. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran kooperatif dengan mind mapping dan TTS lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 79 diperoleh thitung sebesar 2,87 sedangkan ttabel sebesar 1,68. Ini berarti pembelajaran kooperatif dengan mind mapping dan TTS lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran kooperatif dengan mind mapping dan TTS berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tatanama senyawa dan persamaan reaksi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Kooperatif, Mind mapping, TTS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 06:03 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 06:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21292 |