Arneti, Arneti (2013) Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Notasi Balok melalui Metode drill pada Pembelajaran Seni Musik di SPM N I VII Koto Sungai Sariak kabupaten Padang pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ARNETI_1107969_2907_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_ARNETI_1107969_2907_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ARNETI_1107969_2907_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca Notasi Balok dengan metode drill pada pembelajaran seni musik. Kemampuan membaca notasi balok meliputi kegiatan memperhatikan guru dalam menerangkan pelajaran, bertanya, dan keberanian siswa maju kedepan kelas. Tindakan yang diterapkan adalah dengan menggunakan metode drill/latihan. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dalam bentuk kegiatan tindakan kelas terdiri dari 2 siklus. Data dikumpulkan dengan bantuan instument serta dilengkapi dengan observasi, selanjutnya diolah dengan teknik persentase untuk melihat kecendrungan – kecendrungan data setelah perlakuan diberikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 SMPN I VII Koto Sungai Sariak dan perlakuan yang diberikan yaitu dengan menggunakan metode drill. Siswa dilatih untuk mampu membaca notasi balok khusus mengenai pola- pola ritme. Hasil penelitian dari siklus I meningkatkan kemampuan siswa membaca notasi balok (ritme), aktifitas siswa dalam memperhatikan guru 79,41%, mengajukan pertanyaan mencapai 29,41%, berani maju kedepan mencapai 44,11%. Sedangkan tes kemampuan siswa membaca notasi balok mencapai 68,64%. Data siklus II meningkatkan kemampuan siswa membaca notasi balok aktifitas siswa memperhatikan guru 82,35%, mengajukan pertanyaan 64,71%, berani maju kedepan 70,59%. Sedangkan tes kemampuan siswa membaca notasi balok mencapai 99,82%. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh tindakan yang diberikan terhadap peningkatan kemampuan siswa membaca notasi balok dengan metode drill dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 31,38%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Notasi Balok, Metode drill, Seni Musik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > ML Literature of music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:47 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21278 |