Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SD Negeri 01 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman

Desrimayuti, Desrimayuti (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SD Negeri 01 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DESRIMAYUTI_1108345_5997_2015.pdf] Text
final_B1_6_DESRIMAYUTI_1108345_5997_2015.pdf

Download (552kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang rendah, sehingga standar ketuntasan yang diinginkan belum tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Negeri 01 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman.
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan 13 siswa kelas IV SD N 01 V Koto Timur. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari 2 dan 1 kali pertemuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil tes, dengan sumber data mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan hasil pembelajaran IPS.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa. Perencanaan guru meningkat dari 78,6% pada siklus I menjadi 82,1% pada siklus II. Kegiatan guru meningkat dari 78,1% menjadi 84,4%, dan kegiatan siswa meningkat dari 71,9% menjadi 81,3%. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 74,7 pada siklus I menjadi 79 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar meningkat dari 61,5% menjadi 76,9%. Dengan demikian, model Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri 01 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Problem Based Learning, hasil belajar siswa, penelitian tindakan kelas, peningkatan prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 13 Aug 2025 04:47
Last Modified: 13 Aug 2025 04:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21267

Actions (login required)

View Item
View Item