Ramadhani, Sari (2013) Pengaruh Teknik Quick on the Draw Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi di SMAN I Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SARI_RAMADHANI_12836_1374_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_SARI_RAMADHANI_12836_1374_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SARI_RAMADHANI_12836_1374_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher center) kurang menarik bagi sebagian siswa dan menyebabkan hasil belajar siswa menjadi redah. Rendahnya hasil belajar disebabkan siswa cenderung bersifat pasif dan kurang mau melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar adalah metode diskusi kelompok dengan teknik pembelajaran Quick On The Draw. Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi karena adanya pengaruh aktivitas siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X yang terdaftar pada semester I tahun ajaran 2012/2013 SMAN I Koto XI Tarusan. Sampel penelitian diambil dari anggota populasi, pengambilannya menggunakan teknik random sampling. Setelah didapat dua kelas sampel, penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara pengundian dan diperoleh kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan teknik pembelajaran Quick On The Draw memiliki nilai rata-rata (65,81) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional (59,86). Setelah dilakukan uji-t pada taraf kepercayaan 0,05 didapatkan thitung = 1,91 dan ttabel = 1,67 artinya thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik pembelajaran Quick On The Draw hasil belajar lebih tinggi secara signifikan daripada menggunakan pembelajaran konvensional pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi kelas X di SMAN I Koto XI Tarusan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Quick On The Draw, Hasil Belajar Kimia, Pembelajaran Diskusi Kelompok, Materi Tata Nama Senyawa, Eksperimen Pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:46 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21260 |