Rahmiati, Sari (2014) Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Laju Reaksi Untuk Pembelajaran Kimia kelas XI SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SARI_RAHMIATI_16058_2025_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_SARI_RAHMIATI_16058_2025_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SARI_RAHMIATI_16058_2025_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Telah dilakukan suatu penelitian mengenai pengembangan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing pada Materi Laju Reaksi untuk pembelajaran kimia kelas X1 SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah Bahan Ajar berupa LKS yang kemudian diuji validitas dan praktikalitasnya sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yaitu menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian ini dirancang dengan dasar model pengembangan perangkat pembelajaran model 4-D, yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Uji validitas dilakukan pada dosen dan beberapa guru kimia di SMA, sedangkan uji praktikalitas dilakukan pada siswa kelas XI IPA dan guru kimia yang mengajar di SMA Adabiah Padang. Instrumen yang digunakan adalah angket validitas dan praktikalitas. Berdasarkan teknik analisis menggunakan moment kappa diperoleh rata-rata kevalidan oleh validator 0,82, angket praktikalitas respon guru adalah 0,80, dan angket praktikalitas siswa adalah 0,80. Jika skor ini diinterpretasikan pada kategori sangat tinggi ≥ 0,81 maka LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi ini valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar dan menunjukkan bahwa siswa memahami materi pelajaran dengan baik
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS berbasis inkuiri terbimbing, Laju Reaksi, Uji validitas dan praktikalitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:45 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21255 |