Arisma, Arisma (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Rekorder dengan Metode Tutor Sebaya di Kelas VIII.1. SMP N. 1 Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ARISMA_1107968_2563_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_ARISMA_1107968_2563_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ARISMA_1107968_2563_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tutor sebaya pada pembelajaran musik rekorder di SMP N 1. Patamuan. Jenis penelitian tergolong penelitian kualitatif yakni penerapan metode tutor sebaya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Tutor sebaya diterapkan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang membantu memenuhi kebutuhan peserta didik. Pelaksanaan tutor sebaya diberikan kepada siswa sesuai dengan materi semester berjalan yaitu: Standar Kompetensi mengeksprersikan diri melalui karya musik nusantara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dalam lagu Ambilkan Bulan Bu terutama berkaitan dengan materi, teknik penjarian yang baik dan penguasaan frase dan melodi. Peningkatan hasil belajar yang baik, terlihat dari penguasaan materi ajar yang ditunjukkan siswa dan pencapaian hasil belajar rata-rata siswa di atas standar ketuntasan minimal (SKM) 75. Hasil pembelajaran tercapai maksimal yaitu tuntas 100%
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Rekorder, Metode Tutor Sebaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:43 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21238 |