Tyasa, Elya Devina (2019) Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Restoran Rajo Makan di Daima Hotel Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_ELYA_DEVINA_TYASA_15135117_4997_2019.pdf [thumbnail of B1_04_ELYA_DEVINA_TYASA_15135117_4997_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_ELYA_DEVINA_TYASA_15135117_4997_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap tingkat kunjungan
tamu di restoran Rajo Makan di Daima Hotel Padang yang tidak stabil, ini diduga
pemasaran yang mulai menurun yang disebabkan oleh berbagai hal, yaitu kegiatan
product, promotion, price, place. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh marketing mix dengan keputusan pembelian konsumen Restoran Rajo
Makan di Daima Hotel Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif kuantitatif, dengan
pendekatan assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang datang dan
melakukan pembelian di restoran Rajo Makan. Teknik pengambilan sampel adalah
purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu,
yaitu dengan kategori jenis kelamin, usia >17 dan berada di restoran atau sudah
melakukan pembelian minimal satu kali maka dapat digunakan sebagai sampel.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket)
dengan mengunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya.
Selanjutnya data dianalisis melalui analisis koefisien kolerasi, analisis regresi
sederhana dengan menggunakan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Marketing Mix berada pada kategori
baik (52,88%), (2) Keputusan pembelian berada pada kategori cukup baik (60,92%),
(3) hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh Fhitung 8,722 dengan sig.
0,004. Artinya dengan signifikan 0,004 < 0,05 maka variabel X dapat menjelaskan
variabel Y secara signifikan. Jadi variabel marketing mix mempengaruhi variabel
keputusan pembelian. Selanjutnya dengan R square sebesar 0,093, artinya pengaruh
variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 9,3%, sedangkan 90,7% dipengaruhi
oleh faktor lain
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MARKETING MIX, KEPUTUSAN PEMBELIAN, RESTORAN |
Subjects: | Hospitality |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:42 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21228 |