Pengaruh Model Pembelajaran Examples non Examples yang didahului dengan Tugas Rumah terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 3 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2012/2013

Trinanda, Lidya (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Examples non Examples yang didahului dengan Tugas Rumah terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 3 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2012/2013. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_LIDYA_TRINANDA_96863_5410_2013.pdf] Text
final_B1_7_LIDYA_TRINANDA_96863_5410_2013.pdf

Download (935kB)

Abstract

Proses pembelajaran hendaknya dapat meningkatkan kompetensi siswa baik kognitif, afektif maupun psikomotor. Namun, hal ini tampaknya belum terlaksana dengan baik. Masalah yang sering terjadi di kelas adalah masih kurangnya minat, motivasi serta keaktifan siswa dalam pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilakukan agar terjadinya peningkatan kompetensi siswa adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Examples non Examples yang didahului tugas rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Examples non Examples yang didahului dengan tugas rumah terhadap kompetensi siswa kelas X SMAN 3 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan rancangan The Statistic Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA 3 Bukittinggi yang terdaftar pada semester dua tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian adalah kelas X9 (26 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas X7 (26 orang) sebagai kelas sampel. Data merupakan data primer yang langsung diperoleh dari sampel berupa hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
Hasil analisis data didapatkan harga thitung 2,190 dan ttabel 1,675 (2,190 > 1,675). Berdasarkan kriteria penerimaan hipotesis maka hipotesis kerja dinyatakan diterima. Perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 82,07 dan kelas kontrol 77,23. Pada ranah afektif siswa kelas eksperimen memiliki rata- rata 40,50 dan siswa kelas kontrol 40,07 dan ini menunjukkan bahwa kategori sikap siswa sangat baik atau positif terhadap model pembelajaran biologi. Pada ranah psikomotor siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata 77,30 dan kelas kontrol 72,17 dengan kategori nilai tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Examples non Examples yang didahului dengan tugas rumah berpengaruh positif terhadap kompetensi siswa kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Examples Non Examples, Tugas Rumah, Kompetensi Belajar, Siswa SMA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:51
Last Modified: 13 Aug 2025 03:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21222

Actions (login required)

View Item
View Item