Yenedi, Yenedi (2011) Peningkatan Kemamapuan Berhitung Anak Melalui Permainan Tusuk Balon di TK Istiqomah Tabing Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_YENEDI_58524_58524_410_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_YENEDI_58524_58524_410_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_YENEDI_58524_58524_410_2012.pdf
Download (167kB)
Abstract
Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang dilaksanakan di TK Istiqomah Tabing Kecamatan Luak Kabupaten Lima PuluhKota.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitunganak untuk mengetahui: Apakah pembelajaran melalui permainan tusuk balondapat meningkatkan kemampuan berhitung di TK Istiqomah Tabing,menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan menhitung denganbenda-benda 1-10 ,mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut ciri-ciritertentu,bentuk, ukuran, jenis dan lain-lainSubjek penelitian ini murid TK Istiqomah Tabing pada kelompok B.Dengan jumlah murid 10 orang. Terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 5 oranganak permpuan,ini akan di lakukan secara bersiklus yang di mulai Siklus pertamajika Siklus, pertama tidak berhasil maka di lanjutkan dengan Siklus kedua. Datayang di peroleh dalam penelitian ini adalah melalui Observasi,wawancarakegiatan anak selama melakukan pembelajaran berhitung melalui permainan tusukbalon dengan teknik persentase.Hasil rata-rata kemampuan behitung anak pada siklus I umumnya rendah,hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus I belum mencapaikriteria ketuntasan minimal, indikator yang belum tercapai adalah membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 10, membilang ( mengenal konsepbilangan dengan benda-benda) sampai 10, mengelompokkan benda denganberbagai cara menurut ciri-ciri tertentu, misal: menurut warna, bentuk, ukuran,jenis dan lain-lain. Berdasarkan hasil analisa, maka rencana pada siklus II di revisikembali, dan pada siklus II kemampuan berhitung anak menjadi meningkat.Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa kemampuanberhitung anak melalui permainan tusuk balon di TK Istiqomah Tabingmengalami peningkatan dari Siklus I sampai Siklus II dengan demikianpermainan Tusuk Balon dapat di jadikan salah satu al-ternatif untukmeningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Istiqomah tabing KecamatanLuak Kabupaten Lima Puluh Kota.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berhitung, Permainan Tusuk Balon |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 03:48 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 03:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21212 |