Nurhayati, Nurhayati (2022) Efektivitas Penggunaan Modul Titrasi Asam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_NURHAYATI_18035017_4145_2022 .pdf [thumbnail of final_B1_7_NURHAYATI_18035017_4145_2022 .pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_NURHAYATI_18035017_4145_2022 .pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian pengembangan modul
titrasi asam basa berbasis inkuiri terbimbing yang telah diuji validitas dan
praktikalitasnya, namun belum dilakukan uji efektivitas. Penelitian ini bertujuan
untuk mengungkapkan efektifitas penggunaan modul titrasi asam basa berbasis
inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA
Negeri 2 Batang Anai. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen menggunakan
desain one group pretest postest. Populasi terdiri dari peserta didik kelas XI SMA
Negeri 2 Batang Anai, pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik
purposive sampling, dimana kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 37 orang sebagai
kelas sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa
25 soal pilihan ganda, terdiri dari tes awal (pretest) dan tes akhir (postest). Hasil
N-gain pada kelas sampel yaitu 0,72 yang termasuk dalam kategori tinggi.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul titrasi asam basa berbasis
inkuiri terbimbing efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA
2 Batang Anai.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFFECTIVENESS, LEARNING OUTCOMES, GUIDED INQUIRY, MODULE, ACID TITRATION |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:42 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21204 |