Peningkatan Keterampilan Siswa dalam Menggambar Ilustrasi dengan Metode Drill Kelas V SD N 09 Belakang Balok Bukittinggi

Rosanti, Desi (2014) Peningkatan Keterampilan Siswa dalam Menggambar Ilustrasi dengan Metode Drill Kelas V SD N 09 Belakang Balok Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ DESI_ ROSANTI_ 54223_4482_2014.pdf] Text
final_B1_6_ DESI_ ROSANTI_ 54223_4482_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan di SD bahwa keterampilan menggambar masih rendah. Seperti menggambar ilustrasi tanpa mendemonstrasikan prosedur menggambar terlebih dahulu. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan metode drill. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menggambar siswa
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian PTK. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, (non-tes). Prosedur penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan pada rancangan pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata 84.42 % kualifikasi baik dan siklus dua diperoleh rata-rata 92.85 % kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran rata-rata aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 81.25 % kualifikasi baik. dan dan siklus dua diperoleh rata-rata 93.75 sangat baik, aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 78.5 % kualifikasi baik dan siklus dua diperoleh rata-rata 91.25 % kualifikasi sangat baik. Peningkatan keterampilan menggambar ilustrasi siswa menunjukkan rata-rata nilai seluruh siswa 66.8, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa 80.7. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, penggunaan metode drill dapat meningkatkan keterampilan menggambar ilustrasi siswa pada pembelajaran SBK di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keterampilan, Menggambar Ilustrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:48
Last Modified: 13 Aug 2025 03:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21203

Actions (login required)

View Item
View Item