Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Ruang dengan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation di Kelas V SDN 02 Sungai Naniang

Bettriaguspa, Bettriaguspa (2014) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Ruang dengan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation di Kelas V SDN 02 Sungai Naniang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ BETTRIAGUSPA_ 54261_6045_2014.pdf] Text
final_B1_6_ BETTRIAGUSPA_ 54261_6045_2014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil belajar sifat-sifat bangun ruang yang masih rendah. Hal ini disebabkan siswa belum dituntut mengidentifikasi topiktopik yang akan dipelajari, merencanakan tugas yang akan dipelajari dan melakukan investigasi terhadap sifat-sifat bangun ruang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar mengenai sifat-sifat bangun ruang dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Group Investigation di kelas V SDN 02 Sungai Naniang.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 02 Sungai Naniang. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, masing- masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dibuktikan dengan: (a) perencanaan pembelajaran meningkat dari 79,69%, menjadi 90,63%; (b) pelaksanaan pembelajaran untuk aspek guru meningkat dari 77,5%, menjadi 90%, dan aspek siswa meningkat dari 75%, menjadi 90%; (c) hasil belajar aspek kognitif rata-ratanya meningkat dari 69,47%, menjadi 78,05% sedangkan aspek afektif rata-ratanya meningkat dari 70,17%, menjadi 82,01%. Dari hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar sifat-sifat bangun ruang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sifat-Sifat Bangun Ruang, Cooperative Learning, Investigation
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:47
Last Modified: 13 Aug 2025 03:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21198

Actions (login required)

View Item
View Item