Azryasalam, Azryasalam (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Coperative learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri 17 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ AZRYASALAM_1204911_4756_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ AZRYASALAM_1204911_4756_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ AZRYASALAM_1204911_4756_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan guru kurang sesuai dengan yang diharapkan yaitu guru kurang memperhatikan keheterogenan siswa dalam pembentukan kelompok dan kurang mengecek pemahaman siswa saat penyampaian hasil diskusi. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Coperative learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas IV SD Negeri 17 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 17 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 16 orang. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil belajar siswayang diperoleh melalui lembar observasi dan lembar tes
Hasil penelitian pengamatan RPP pada siklus I pertemuan I adalah 82,1 % (B) meningkat menjadi 89,3% (SB) pada siklus I pertemuan II dan meningkat lagi menjadi 92,9% (SB) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek guru dan aspek siswa pada siklus I pertemuan I adalah 73,1% (C) meningkat menjadi 84,6% (B) pada siklus I pertemuan II dan meningkat lagi menjadi 94,2% (SB) pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I adalah 70,83 meningkat menjadi 77,48 pada siklus I pertemuan II dan meningkat lagi menjadi 86,13 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Coperative learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 17 Batang Gasan Kab. Padang Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPS, Model Coperative learning, Tipe Numbered Heads Together (NHT)_ |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 03:47 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 03:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21193 |